Home > News > Read > Begini Cerita Mobil Nasional Bertahan Tanpa Dukungan Pemerintah Rangga Rahadiansyah - detikOtoBack

BEGINI CERITA MOBIL NASIONAL BERTAHAN TANPA DUKUNGAN PEMERINTAH RANGGA RAHADIANSYAH - DETIKOTO

  • 6 bulan yang lalu
  • 212 views
  • 0 comment

Cimahi - Fin Komodo, mobil nasional asli buatan Cimahi, Jawa Barat ini bertahan hidup tanpa adanya dukungan dari pemerintah. Padahal, 7 dari 8 produsen kendaraan roda empat asli buatan Indonesia anggota Asosiasi Industri Automotif Nusantara (Asianusa) telah 'mati suri' tanpa adanya dukungan dari pemerintah.

Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi, Ibnu Susilo mengatakan, selama 12 tahun mobil nasional Fin Komodo bertahan sendiri. Saat detikOto menanyakan perihal keterlibatan pemerintah untuk memajukan mobil nasional ini, Ibnu menyebut, pihaknya tidak mendapat dukungan.

"Saya paling susah kalau ditanya begini. Ya memang tidak ada (dukungan dari pemerintah). Kami di sini sendiri," kata Ibnu kepada detikOto di markasnya di Cimahi, Jawa Barat.

Dulu, kata Ibnu, pihaknya telah melakukan diskusi dengan pemerintah terkait. Namun, dia tidak mendapatkan respons positif.

"Dengan pemerintah dulu sudah pernah diskusi. Tapi beliau-beliau bilang, tidak ada program mobil nasional pada saat itu saya bertemu. Saya tidak tahu alasannya kenapa. Waktu itu pemerintah kepinginnya Indonesia ini biar jadi market base, lalu production base tapi untuk komponen. Tapi saya kasih usulan bahwa Indonesia harus punya prinsipal dulu, nanti komponen-komponen akan mengikuti," kata Ibnu. (rgr/ddn) 

Rangga Rahadiansyah - detikOto

Comment